Sejarah Weblog

Weblog atau yang dikenal dengan blog saat ini sudah sangat mewabah dikarenakan kemudahan dalam membuatnya. Hingga saat ini tidak sedikit pengguna internet yang memiliki sebuah blog atau lebih blog pribadi yang tersebar dan terus di-update setiap harinya di seluruh dunia.
Blog merupakan singkatan dari “web log” yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru terlebih dulu baru kemudian diikuti yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PrayLab sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan kepada pengembang dan penulis blog.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sekedar sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian yang lain dikelola oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memilki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang memperkenalkan para pengunjungnya untuk meninggalkan berbagai komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang sebaliknya.
Komunitas blogger (sebutan bagi para pemilik blog) adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger yang ada berdasarkan kesamaan tertentu, seperti kesamaan topik yang dibahas, kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan lain sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-keguiatan bersama seperti kopi darat dan kegiatan sosial.
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk bloging) dilakukan hamper setiap waktu untuk menhetahui eksistensi dari pemilik blog yang bersangkutan. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog tersebut dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih dari 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet. Dan tentunya masih akan terus berkembang seiring dengan bergulirnya waktu, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan penyedia layanan pembuat blog gratis di internet yang mempermudah para blogger untuk membuat dan merawat blognya.
Di Indonesia sendiri blog sudah mulai marak dibuat seiring dengan banyaknya pengguna internet di selruruh penjuru tanah air yang makin bertambah setiap harinya. Enda Nasution disebut sebagai bapak blog Indonesia karena beliaulah pengenal blog pertama kali di Indonesia dan saat ini blog yang dikelolanya telah memiliki banyak sekali tulisan dan artikel yang menjadi inspirasi bagi banyak blogger di Indonesia untuk terus dan mempublikasikan pikiran cerdas mereka ke dalam blog di dunia maya.
Saat ini para blogger tidak hanya berasal dari kalangan web developer atau administrator saja, namun kini makin beragam mulai dari pelajar, mahasiswa, hinggapekerja kantor yang menggunakan blog sebagai media penyampaian inspirasi dan ide-ide kreatif mereka. Ini semua didukung juga dengan banyaknya penyedia jasa layanan pembuat blog gratis yang dapat dengan mudah Anda temukan di internet. Mulai dari penyedia layanan tanpa berbayar alias gratis hingga yang berbayar lengkap tersedia di internet.
Berikut adalah daftar penyedia jasa layanan pembuat blog gratis yang banyak digunakan oleh blogger saat ini:
www.blogger.com
www.thoughts.com
www.mytypes.com
www.wordpress.com
www.travelPod.com
www.bravenet.com
www.blogsome.com
www.soulcast.com
www.clearblogs.com
www.oggix.org
www.sosblog.com
www.blogvis.com
www.blog.com
www.outblogger.com
www.aeonity.com
www.livejournal.com
www.blogdetik.com
www.20six.co.uk
www.blogthing.com
www.bukukita.com
www.multiply.com
www.friendster.com
dan masih banyak lagi lainnya

Posting Komentar untuk "Sejarah Weblog"

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia