16.4.09

Fatwa Larangan Al-Quran Jadi Ringtone HP

9:30 AM

Sobat semua tau kan ringtone? itu lho musik yang terdengar kalau Handphone berdering saat menerima sms or calling. Dengan bayaknya Handphone yang sudah support lagu mp3 atau true tone dan harganya mudah dijangkau saat ini, dengan mudah kita mengaktifkan lagu favorit kita di Handphone kita. Nah, untuk kalangan Muslim tidak sedikit dari mereka mengaktifkan ringtone handphone-nya dengan lantunan ayat al-Qur'an. Dengan alasan agar kita bisa mengingat ayat-ayat Al-Qur'an setiap saat atau alasan lain untuk memperlihatkan identitasnya sebagai Muslim. Namun untuk saat ini alasan itu telah disikapi oleh para intelektual Muslim dibeberapa negara dengan memberikan fatwa pelarangan atas penggunaan ayat-ayat al-Qur'an sebagai nada dering/ringtone.

Sebuah komunitas Islam bernama Jamia Ashraf-ul-Madaris di Kanpur, India, tengah menyiapkan fatwa pelarangan penggunaan ayat suci Al-Quran sebagai nada dering (ringtone).

Berikut alasan yang menjadi latar belakang komunitas itu. Katakanlah ada seorang pengguna ponsel yang memasang ayat Al-Qur'an sebagai ringtone, kemudian ada panggilan di ponselnya dan ia menjawabnya. Maka yang terjadi di sini adalah ayat tersebut akan terpenggal isinya.

Nah, kejadian seperti inilah yang ingin dihindari. Yaitu, memotong ayat Al-Quran di tengah jalan, karena dikhawatirkan dapat mengubah arti sebenarnya dari ayat tersebut.

Bahkan diklaim, mereka yang mendengarkan ayat ini secara setengah-setengah adalah anti Islam. Demikian dikatakan oleh Ghyasuddin, salah satu tetua di kelompok Jamia Ashraf-ul-Madaris.

Tak hanya itu, sebuah kritikan pedas juga ditujukan pada mereka yang menggunakan ponsel di toilet selagi masih memasang ringtone ayat Al-Quran. Sebuah dosa jika ayat suci ini terdengar terlantun di area toilet, masih menurut kelompok tersebut.

Selain itu, kelompok Jamia Ashraf-ul-Madaris juga melarang fungsi vibrate (getaran) diaktifkan saat sholat. Meski tak mengeluarkan suara, namun hal ini tetap dianggap dapat mengganggu kekhusyukan ibadah sang pemilik.

Source: detikinet.com

Apapun alasan pelarangan dari sahabat Muslim yang dari Jamia Ashraf-ul Madaris adalah demi kebaikan dan untuk menjaga hal-hal yang tidak pantas bahkan tidak dibolehkan dalam agama meski dengan tujuan yang baik. Memasang ringtone ayat Al-Qur'an adalah baik tetapi kalau secara tidak sadar kita (mungkin) membawanya di tempat-tempat yang tidak seharusnya, secara tidak langsung kita telah mengurangi kesucian ayat Al-Qur'an tersebut.

Yang ingin sharing tentang masalah ini silahkan memberi komentar yah.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

5 komentar:

  1. Iyua.. bener tuh apa yang difatwain gag baik memenggal Alquran sembarangan..
    apa gunanya ada waqaf ya gag.... setuju².. nice info....

    ReplyDelete
  2. betul juga tuh, mending cari ringtone yang enjoy di telinga saja

    ReplyDelete
  3. tapi khan bisa buat dakwah juga tuh ringtone, tp mungkin juga maksudnya lebih baik dengan adanya fatwa.

    ReplyDelete
  4. Wah bagus desainnya.... saya suka... ;;)

    ReplyDelete
  5. Oke2.... emg al-Qur'an gk bsa dismain dgn mp3 biasa, cz ne bkan smbrgan ringtone

    sip2 Q stju

    ReplyDelete

Leave your comment

 

© 2013 Nabhan. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top