Teknologi Infomasi untuk Pemilu 2009

Dah pada tau belon sobat? Di Pemilu 2009, KPU telah mempersiapkan perangkat lunak yang dapat membantu proses penghitungan secara cepat yaitu menggunakan teknologi Intelligent Character Recognition (ICR). Sudah lumayan canggih nih sobat.

Pemakaian ICR ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 02 tahun 2009, tentang Pedoman Pengadaan dan Pengelolaan Perangkat Teknologi Informasi untuk Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2009. Tujuan utama yang ingin dicapai dengan penggunaan mesin pemindai yang berbasis ICR tersebut adalah:

1. mempercepat proses perhitungan suara
2. memperoleh tabulasi yang akurat
3. memperoleh salinan dokumen elektronik yang otentik dan teramankan
4. transparan dalam mendukung fungsi pengawasan langsung oleh masyarakat.

Alur Pemakaian Piranti Lunak ini seperti gamabar di bawah ini:


Apa itu Intelligent Character Recognition (ICR)? ICR adalah singkatan Intelligent Character Recognition, yaitu sistem ”cerdas” yang mampu mengenali tulisan tangan dan menterjemahkannya kedalam kode atau simbol digital yang ”dimengerti” (diedit, disimpan) oleh komputer. Sebuah piranti lunak ICR pada prinsipnya terdiri dari 4 bagian: preprocessing, character segmentation, character recognition dan post processing.

Dari sisi teknologi, sebenarnya ICR bukanlah hal yang baru. Riset mengenai character recognition telah berpuluh tahun digali di dunia komputasi, khususnya pattern recognition (pengenalan pola) dan image processing (pengolahan citra). Bagi peneliti pattern recognition, masalah character recognition seolah menjadi masalah klasik untuk mencoba berbagai metode feature extraction maupun classifier yang mereka kembangkan.

Mudah2an dengan adanya pemilihan teknologi baru ini slogan PEMILU, yaitu LUBER JURDIL (Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil) benar-benar dapat tercapai dan hasil PEMILU 2009 dapat menjadi contoh pelaksanaan pemilu yang terbaik dan menjadi contoh untuk pemilu-pemilu sebelumnya serta dapat memberikan perubahan signifikan untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Merdeka :-)

Yang pengen tau lebih lanjut tentang teknologi ICR mampir ke sini aja nih http://tipemilu2009.wordpress.com

Posting Komentar untuk "Teknologi Infomasi untuk Pemilu 2009"

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia