Jawaban Soal: 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia - Pintar Kemenag



Nabhan Arts
 - Sobat Pelatihan Pintar Kemenag yang sedang mengikuti pelatihan dengan Materi: Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Media, beikut materi yang sedang dipelajari:

Materi Inti & WI:

  • Konsep Penyusunan Bahan Ajar : Nur Aini
  • Analisis Kebutuhan Bahan Ajar : Kasmawati
  • Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat) : Kasmawati
  • Praktik Pembuatan Bahan Ajar Non-Teks (Computer Based Learning) : Nur Aini
  • Pembuatan Bahan Ajar Komik Pembelajaran : Wiwin Tubagus
  • Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia: Wiwin Tubagus  

Pelatihan ini akan berlangsung selama 4 hari. 


Soal Latihan Materi 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia - Pintar Kemenag  


Petunjuk Pengisian:

Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti ya Sobat!


Soal 1 dari 10:

Apa keuntungan menyematkan asesmen atau kuis interaktif dalam bahan ajar hypermedia?

A. Hanya untuk menghibur pengguna

B. Meningkatkan kreativitas desain

C. Mengukur pemahaman pengguna terhadap materi

D. Tidak memberikan dampak signifikan

 

Soal 2 dari 10:

Apa perbedaan utama antara hypertext dan hypermedia?

A. Tidak ada perbedaan antara hypertext dan hypermedia

B. Hypertext tidak mendukung hyperlink, sedangkan hypermedia mendukung

C. Hypertext hanya berisi teks, sedangkan hypermedia dapat mencakup berbagai jenis media

D. Hypertext hanya dapat diakses secara online, sedangkan hypermedia dapat diakses secara offline

 

Soal 3 dari 10:

Bagaimana peran multimedia dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?

A. Tidak memberikan dampak signifikan

B. Meningkatkan interaktivitas dan memahamkan konsep

C. Menyediakan variasi warna saja

D. Hanya untuk menambah berat file 

 

Soal 4 dari 10:

Mengapa desain navigasi yang baik sangat penting dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?

A. Hanya sebagai hiasan

B. Memastikan pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi

C. Meningkatkan keindahan tampilan

 

Soal 5 dari 10:

Apa yang dimaksud dengan hypermedia dalam konteks pembuatan bahan ajar?

A. Media yang memuat hyperlink untuk menghubungkan informasi

B. Media dengan warna-warni yang intens

C. Media yang hanya dapat diakses secara offline

D. Media cetak yang menarik perhatian

 

Soal 6 dari 10:

Apa yang dimaksud dengan "interaktivitas" dalam konteks hypermedia?

A. Hanya sebagai efek visual

B. Kemampuan pengguna untuk berinteraksi dengan konten

C. Tidak memiliki pengertian khusus

D.Hanya sebagai variasi desain

 

Soal 7 dari 10:

Mengapa penting melakukan uji coba pengguna terhadap bahan ajar hypermedia?

A. Mengidentifikasi masalah navigasi dan pengalaman pengguna

B. Memastikan kualitas visual

C. Memastikan keamanan data

D. Hanya untuk menghabiskan waktu

 

Soal 8 dari 10:

Keuntungan utama penggunaan hypermedia dalam pembuatan bahan ajar adalah...

A. Interaktivitas dan fleksibilitas

B. Keterbatasan dalam aksesibilitas

C. Keterbatasan kreativitas

D. Penyajian informasi yang linier

 

Soal 9 dari 10:

Bagaimana cara mengoptimalkan aksesibilitas dalam bahan ajar hypermedia?

A. Menambahkan efek visual yang kompleks

B. Hanya sebagai variasi desain

C. Menyediakan teks alternatif untuk media non-teks

D. Tidak memperhatikan kebutuhan pengguna berbeda

 

Soal 10 dari 10:

Apa yang dimaksud dengan "hyper" dalam konteks hypermedia?

A. Jenis font yang digunakan

B. Menunjukkan proses perpindahan antar media yang tidak linier

C. Hanya sebagai elemen dekoratif

D. Simbol yang digunakan dalam desain


Demikian informasi tentang "Jawaban Soal: 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia".

Semoga bermanfa'at.

Terimakasih atas silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat bagi semua orang.

Posting Komentar untuk "Jawaban Soal: 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia - Pintar Kemenag"

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia