Jawaban Soal: 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia - Pintar Kemenag
Nabhan Arts - Sobat Pelatihan Pintar Kemenag yang sedang mengikuti pelatihan dengan Materi: Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Media, beikut materi yang sedang dipelajari:
Materi Inti & WI:
- Konsep Penyusunan Bahan Ajar : Nur Aini
- Analisis Kebutuhan Bahan Ajar : Kasmawati
- Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat) : Kasmawati
- Praktik Pembuatan Bahan Ajar Non-Teks (Computer Based Learning) : Nur Aini
- Pembuatan Bahan Ajar Komik Pembelajaran : Wiwin Tubagus
- Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia: Wiwin Tubagus
Pelatihan ini akan berlangsung selama 4 hari.
Soal Latihan Materi 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia - Pintar Kemenag
Petunjuk Pengisian:
Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti ya Sobat!
Soal 1
dari 10:
Apa keuntungan
menyematkan asesmen atau kuis interaktif dalam bahan ajar hypermedia?
A. Hanya untuk menghibur pengguna
B. Meningkatkan kreativitas desain
C. Mengukur pemahaman pengguna terhadap materi
D. Tidak
memberikan dampak signifikan
Soal 2 dari 10:
Apa perbedaan
utama antara hypertext dan hypermedia?
A. Tidak ada
perbedaan antara hypertext dan hypermedia
B. Hypertext
tidak mendukung hyperlink, sedangkan hypermedia mendukung
C. Hypertext
hanya berisi teks, sedangkan hypermedia dapat mencakup berbagai jenis media
D. Hypertext
hanya dapat diakses secara online, sedangkan hypermedia dapat diakses secara
offline
Soal 3 dari 10:
Bagaimana peran
multimedia dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?
A. Tidak
memberikan dampak signifikan
B.
Meningkatkan interaktivitas dan memahamkan konsep
C. Menyediakan
variasi warna saja
D. Hanya untuk
menambah berat file
Soal 4 dari 10:
Mengapa desain
navigasi yang baik sangat penting dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?
A. Hanya sebagai
hiasan
B. Memastikan
pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi
C. Meningkatkan
keindahan tampilan
Soal 5 dari 10:
Apa yang dimaksud
dengan hypermedia dalam konteks pembuatan bahan ajar?
A. Media yang
memuat hyperlink untuk menghubungkan informasi
B. Media dengan
warna-warni yang intens
C. Media yang
hanya dapat diakses secara offline
D. Media cetak
yang menarik perhatian
Soal 6 dari 10:
Apa yang dimaksud
dengan "interaktivitas" dalam konteks hypermedia?
A. Hanya sebagai
efek visual
B. Kemampuan
pengguna untuk berinteraksi dengan konten
C. Tidak memiliki
pengertian khusus
D.Hanya sebagai
variasi desain
Soal 7 dari 10:
Mengapa penting
melakukan uji coba pengguna terhadap bahan ajar hypermedia?
A.
Mengidentifikasi masalah navigasi dan pengalaman pengguna
B. Memastikan
kualitas visual
C. Memastikan
keamanan data
D. Hanya untuk
menghabiskan waktu
Soal 8 dari 10:
Keuntungan utama
penggunaan hypermedia dalam pembuatan bahan ajar adalah...
A. Interaktivitas dan fleksibilitas
B. Keterbatasan dalam aksesibilitas
C. Keterbatasan kreativitas
D. Penyajian informasi yang linier
Soal 9
dari 10:
Bagaimana cara mengoptimalkan aksesibilitas dalam bahan ajar
hypermedia?
A. Menambahkan efek visual yang kompleks
B. Hanya sebagai variasi desain
C. Menyediakan teks alternatif untuk media non-teks
D. Tidak memperhatikan kebutuhan pengguna berbeda
Soal 10 dari 10:
Apa yang dimaksud
dengan "hyper" dalam konteks hypermedia?
A. Jenis font
yang digunakan
B. Menunjukkan
proses perpindahan antar media yang tidak linier
C. Hanya sebagai
elemen dekoratif
D. Simbol yang
digunakan dalam desain
Demikian informasi tentang "Jawaban Soal: 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia".
Semoga bermanfa'at.
Terimakasih atas silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat bagi semua orang.
Posting Komentar untuk "Jawaban Soal: 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia - Pintar Kemenag"
Leave your comment