Update Jawaban Materi - 4.21 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) - IKM
Sahabat pelatihan Pintar Kemenag,
Salam Semangat!
Berikut pembahasan soal Latihan Implementasi
Kurikulum Merdeka materi P5 PPRA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan
Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin)
Soal
Latihan Materi 4.21 Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5
PPRA)
Petunjuk
Pengisian: Soal tersusun secara acak, jadi telitilah saat mengerjakan!
Soal 1 dari 10:
Perhatikan beberapa
tahapan berikut!
1. Mengidentifikasi tingkat kesiapan
madrasah
2. Membentuk tim fasilitator projek
3. Menyusun modul projek
4. Merancang dimensi, tema, dan
alokasi waktu
5. Merancang strategi pelaporan
projek
Urutan tahapan yang benar dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah ....
A. 2, 1, 4, 3, 5
B. 1, 2, 4, 3, 5
C. 1, 2, 3, 4, 5
D. 4, 3, 2, 1, 5
Soal 2 dari 10:
Tujuan Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamiin adalah .…
A. Sebagai acuan utama
untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik.
B. Penguatan identitas
khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter pelajar
Indonesia dan moderasi beragama dengan kompetensi dalam konteks perkembangan
Abad 21.
C. Agar setiap individu
dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan
berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
D. Untuk mewujudkan kehidupan
berbbangsa dan bernegara yang moderat dan penguasaan kompetensi abad 21.
Soal 3 dari 10:
Berikut adalah pemetaan Dimensi-Nilai, tema dan alokasi waktu P5-PPRA yang dilakukan oleh guru MA.
Tema yang paling tepat
pada huruf A-B-C berturut-turut adalah….
A. Kewirausahaan-Kearifan
Lokal- Bhineka Tunggal Ika
B. Kearifan
Lokal-Bhineka Tunggal Ika-Kewirausahaan
C. Kearifan Lokal-
Kewirausahaan- Bhineka Tunggal Ika
D. Bhineka Tunggal
Ika-Kearifan Lokal-Kewirausahaan
Soal 4 dari 10:
P5 dan PPRA merupakan
profil yang diwujudkan bergandengan dalam satu kegiatan. Berikut ini,
pernyataan yang benar mengenai keduanya adalah…
A. P5 mengandung
dimensi, elemen, dan subelemen. Sementara PPRA mengandung nilai, subnilai, dan
indikator.
B. P5 mengandung nilai,
subnilai, dan indikator. Sementara PPRA mengandung dimensi, elemen, dan
subelemen.
C. P5 mengandung dimensi,
elemen, dan indikator. Sementara PPRA mengandung nilai, subnilai, dan
subindikator.
D. P5 mengandung dimensi,
subnilai, dan indikator. Sementara PPRA mengandung nilai, elemen, dan
subelemen.
Soal 5 dari 10:
Penyataan yang benar
tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil
Alamin adalah…
A. Profil Rahmatan Lil
Alamin dapat terlihat dari peserta didik yang beriman, berkebhinekaan global,
bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif
B. Profil Pelajar
Pancasila dapat terlihat dari peserta didik yang berkeadaban, keteladanan,
toleransi, konsisten, dinamis, inovatif
C. Profil Pelajar
Pancasila dirancang untuk menjawab pertanyaan profil (kompetensi) seperti apa
yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan di Indonesia
D. Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil Alamin merupakan dua konsep yang
berbeda yang dalam prosesnya tidak dapat dilakukan bersama.
Soal 6 dari 10:
Projek
Penguatan Profil merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang
diorientasikan untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan
lingkungan sekitar peserta didik. Projek Penguatan Profil di madrasah
diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu: 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2)
Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. Terkait Projek Penguatan Profil Pelajar di
madrasah tersebut, pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....
A. Projek Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan
lil Alamin memiliki asesmen masing-masing.
B.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dijalankan
dalam bentuk kokurikuler, namun dapat juga intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
C.
Madrasah dapat memilih mana yang harus dijalankan dahulu antara Projek Profil
Pelajar Pancasila atau Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.
D.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki dimensi, elemen, dan
sub-elemen. Sedangkan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin memiliki nilai,
sub-nilai, dan indikator.’
Soal 7 dari 10:
Manusia diciptakan oleh
Allah SWT. berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Sekalipun demikian, hal ini tidak
berimplikasi terhadap perlakuan yang berbeda. Di hadapan Allah, yang manusia
manusia satu dengan yang lain hanyalah ketaqwaannya semata. Konsep inilah yang
diusung untuk ditumbuhkembangkan dalam penguatan profil pelajar Rahmatan Lil
Alamin melalui nilai ....
A.
Berimbang (tawāzun)
B.
Kesetaraan (musāwah)
C.
Berkeadaban (ta’addub)
D.
Keteladanan (qudwah)
Soal 8 dari 10:
Modul projek dilengkapi
dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya. Modul tersebut
setidaknya memiliki komponen berikut: profil modul, tujuan, aktivitas, dan
asesmen. Penentuan tema dan topik atau judul modul, fase atau jenjang sasaran,
dan durasi kegiatan terdapat dalam komponen…
A. profil modul
B. tujuan
C. aktivitas
D. Asesmen
Soal 9 dari 10:
Indah seorang pengurus
OSIS di Madrasah B. Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, ia mendapat tugas untuk
menjadi Petugas Sapa Pagi. Kegiatan Sapa Pagi dimulai pukul 06.15 hingga 06.30
WIB. Indah hadir di madrasah pukul 06.00 WIB. Yang Indah lakukan merupakan
salah satu bentuk pengamalan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin, yaitu
A. tasamuh
B. tawasuth
C. qudwah
D. syura
Soal 10 dari 10:
Ada 5 tahapan yang harus
dilakukan madrasah/sekolah dalam mendesain P5-PPRA. Kegiatan yang bukan
merupakan tanggung jawab tim fasilitator adalah…
A. menyusun modul projek.
B. merancang dimensi,
tema, dan alokasi waktu.
C. merancang tim
fasilitator dalam satuan pendidikan.
D. merancang strategi
pelaporan hasil projek.
Demikian Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Materi 4.21 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA)
Terimakasih atas
silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat bagi
semua orang.
Posting Komentar untuk "Update Jawaban Materi - 4.21 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA) - IKM"
Leave your comment