Update Jawaban Materi - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar Kemenag


Sahabat pelatihan Pintar Kemenag, Salam Semangat!

Berikut pembahasan soal Latihan Implementasi Kurikulum Merdeka materi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka 

Soal Latihan Materi - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Petunjuk Pengisian: Soal tersusun secara acak, jadi telitilah saat mengerjakan!

 

Soal 1 dari 10:

Salah satu prinsip asesmen adalah bahwa asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali siswa dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. Adapun penerapan yang tepat asesmen dalam pembelajaran tergambar berikut….

A. Pendidik menentukan kriteria ketercapaian pembelajaran dan menyampaikannya pada peserta didik, sehingga mereka memahami target yang perlu dicapai.

B. Pendidik menggunakan teknik asesmen yang beragam sesuai dengan fungsi dan tujuan asesmen. Hasil dari asesmen formatif digunakan untuk umpan balik pembelajaran, sementara hasil dari asesmen sumatif digunakan untuk pelaporan hasil belajar

C. Pendidik menyediakan alokasi waktu yang cukup agar asesmen menjadi proses pembelajaran dan bukan hanya untuk kepentingan menilai

D. Pendidik merencanakan pembelajaran dengan merujuk pada tujuan yang akan dicapai dan memberikan umpan balik agar peserta didik dapat menentukan langkah untuk perbaikan berikutnya.

 

Soal 2 dari 10:

Dalam satu semester, seorang guru sosiologi menetapkan 10 TP di mata pelajarannya. Untuk mendapatkan nilai akhir di semester tersebut, hal yang harus dilakukan adalah …

A. Melakukan asesmen minimal separuh TP yang ditetapkan. Mengukur dengan data kuantitatif dan kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.

B. Melakukan asesmen sebanyak TP yang ditetapkan. Mengukur dengan data kuantitatif. Mencampur dengan asesmen formatif

C. Melakukan asesmen sebanyak TP yang ditetapkan. Mengukur dengan data kuantitatif atau kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.

D Melakukan 1 kali asesmen di akhir. Mengukur dengan data kuantitatif atau kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.

 

Soal 3 dari 10:

Berikut merupakan fungsi asesmen hasil pembelajaran. 

Soal 3 dari 10:

Berikut merupakan fungsi asesmen hasil pembelajaran.

  1. alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu;
  2. melihat hasil pembelajaran yang sudah dilakukan pendidik setelah proses pembelajaran sebagai bentuk umpan balik;
  3. menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik di kelas atau pada jenjang
  4. mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah

Yang termasuk fungsi asesmen sumatif adalah …

A (1), (2), dan (3)

B (2), (3), dan (4)

C (1), (3), dan (4)

D (1), (2), dan (4)

 

Soal 4 dari 10:

Seorang guru Sosiologi merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan adalah agar peserta didik mampu memahami keragaman manusia dan budayanya sebagai bagian dari masyarakat multikultural. Guru tersebut melakukan penilaian dengan menugaskan peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam produk sesuai keinginan peserta didiknya. Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan adalah ...

A. Observasi

B. Kinerja

C. Portofolio

D. Projek

 

Soal 5 dari 10:

Perhatikan tabel di bawah ini! 

Berdasarkan tabel di atas, perbedaan dari asesmen formatif dan asesmen sumatif yang tepat adalah …

A. Baris D

B. Baris B

C. Baris A

D. Baris C

 

Soal 6 dari 10:

Pada Kurikulum Merdeka diharapkan pendidik dapat menguatkan kemampuan peserta didik dengan melakukan asesmen formatif dalam proses pembelajaran. Berikut merupakan contoh kegiatan asesmen formatif …

A. Peserta didik mengerjakan soal yang dibuat pendidik setelah menyelesaikan materi pada satu tujuan pembelajaran

B. Setelah pembelajaran berlangsung pendidik menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat penguasaan materi untuk memberikan umpan balik

C. Pada akhir pembelajaran, setelah menyelesaikan satu capaian pembelajaran, pendidik melakukan asesmen

D. Pendidik menyusun soal pilihan ganda setelah peserta didik mempelajari semua materi pada akhir semester

 

Soal 7 dari 10:

Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dilaksanakan menggunakan prinsip mastery learning. Setiap peserta didik mempelajari tujuan pembelajaran yang sama dalam setiap pertemuan. Mereka juga mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi.

Yang perlu dilakukan jika ada peserta didik yang tidak dapat mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…

A. menetapkan mitra dari kawan sefase untuk bantu mendampingi.

B. memberikan perlakuan khusus agar dapat naik kelas.

C. menggunakan otorisasi menaikkan secara langsung ke jenjang selanjutnya.

D. memberikan pendampingan untuk mencapai kriteria yang ditetapkan.

 

Soal 8 dari 10:

Diantara jenis instrumen asesmen yang disiapkan oleh pendidik dapat berupa suatu pedoman yang dibuat untuk menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik.  Melalui pedoman tersebut, pendidik dapat memusatkan perhatian pada kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik sekaligus mempertimbangkan bantuan yang dapat diberikan kepada peserta didik dalam meningkatkan Capaian kinerja dimaksud dituangkan dalam bentuk kriteria atau dimensi yang akan dinilai, yang dibuat secara bertingkat dari kurang sampai terbaik.

Deskripsi di atas menggambarkan instrumen asesmen berupa….

A. Catatan anekdot

B. Grafik Perkembangan

C. Ceklis

D. Rubrik

 

Soal 9 dari 10:

Guru perlu mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah …

A. Mengidentifikasi diferensiasi pembelajaran

B. Menentukan interval nilai minimal

C. Merancang bentuk penilaian

D. Menetapkan indikator ketercapaian

 

Soal 10 dari 10:

Pak Rasyid adalah MTs Assa’adah. Setelah melakukan pembelajaran tentang shalat berjamaah, ia meminta peserta didik berbagi peran, ada yang menjadi imam ada yang menjadi makmum, untuk mempraktikkan shalat berjaah di mushola madrasah. Sambil membawa instrumen penilaian, Pak Rasyid mengamati praktik shalat berjamaah yang dilakukan peserta didik. Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan adalah …

A. Unjuk kerja

B. Tes lisan

C. Penugasan

D. Tes tulis

 

Demikian Update Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Materi 4.17Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar Kemenag

Terimakasih atas silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat bagi semua orang.

Posting Komentar untuk "Update Jawaban Materi - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar Kemenag"

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia