Update Jawaban Materi - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar Kemenag
Sahabat pelatihan Pintar Kemenag, Salam Semangat!
Berikut pembahasan soal Latihan
Implementasi Kurikulum Merdeka materi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum
Merdeka
Soal Latihan Materi - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
Petunjuk
Pengisian: Soal tersusun secara acak, jadi telitilah saat mengerjakan!
Soal 1 dari 10:
Salah
satu prinsip asesmen adalah bahwa asesmen merupakan bagian terpadu dari proses
pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik,
sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali siswa
dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. Adapun penerapan yang tepat
asesmen dalam pembelajaran tergambar berikut….
A.
Pendidik menentukan kriteria ketercapaian pembelajaran dan menyampaikannya pada
peserta didik, sehingga mereka memahami target yang perlu dicapai.
B.
Pendidik menggunakan teknik asesmen yang beragam sesuai dengan fungsi dan
tujuan asesmen. Hasil dari asesmen formatif digunakan untuk umpan balik
pembelajaran, sementara hasil dari asesmen sumatif digunakan untuk pelaporan
hasil belajar
C.
Pendidik menyediakan alokasi waktu yang cukup agar asesmen menjadi proses
pembelajaran dan bukan hanya untuk kepentingan menilai
D.
Pendidik merencanakan pembelajaran dengan merujuk pada tujuan yang akan dicapai
dan memberikan umpan balik agar peserta didik dapat menentukan langkah untuk
perbaikan berikutnya.
Soal
2 dari 10:
Dalam
satu semester, seorang guru sosiologi menetapkan 10 TP di mata pelajarannya.
Untuk mendapatkan nilai akhir di semester tersebut, hal yang harus dilakukan
adalah …
A.
Melakukan asesmen minimal separuh TP yang ditetapkan. Mengukur dengan
data kuantitatif dan kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
B.
Melakukan asesmen sebanyak TP yang ditetapkan. Mengukur dengan data
kuantitatif. Mencampur dengan asesmen formatif
C.
Melakukan asesmen sebanyak TP yang ditetapkan. Mengukur dengan data
kuantitatif atau kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
D
Melakukan 1 kali asesmen di akhir. Mengukur dengan data kuantitatif atau
kualitatif. Tidak Mencampur dengan asesmen formatif.
Soal
3 dari 10:
Berikut merupakan fungsi
asesmen hasil pembelajaran.
Soal
3 dari 10:
Berikut merupakan fungsi
asesmen hasil pembelajaran.
- alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu;
- melihat hasil pembelajaran yang sudah dilakukan pendidik setelah proses pembelajaran sebagai bentuk umpan balik;
- menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik di kelas atau pada jenjang
- mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah
Yang
termasuk fungsi asesmen sumatif adalah …
A
(1), (2), dan (3)
B
(2), (3), dan (4)
C
(1), (3), dan (4)
D
(1), (2), dan (4)
Soal 4 dari 10:
Seorang guru Sosiologi
merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan adalah agar peserta didik
mampu memahami keragaman manusia dan budayanya sebagai bagian dari masyarakat
multikultural. Guru tersebut melakukan penilaian dengan menugaskan peserta
didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam
berbagai macam produk sesuai keinginan peserta didiknya. Teknik penilaian yang
tepat untuk digunakan adalah ...
A.
Observasi
B.
Kinerja
C.
Portofolio
D.
Projek
Soal 5 dari 10:
Perhatikan tabel di bawah ini!
Berdasarkan tabel di atas,
perbedaan dari asesmen formatif dan asesmen sumatif yang tepat adalah …
A. Baris D
B. Baris B
C. Baris A
D. Baris C
Soal 6 dari 10:
Pada Kurikulum Merdeka diharapkan pendidik dapat
menguatkan kemampuan peserta didik dengan melakukan asesmen formatif dalam
proses pembelajaran. Berikut merupakan contoh kegiatan asesmen formatif …
A. Peserta didik mengerjakan soal yang dibuat pendidik
setelah menyelesaikan materi pada satu tujuan pembelajaran
B. Setelah pembelajaran berlangsung pendidik
menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat
penguasaan materi untuk memberikan umpan balik
C. Pada akhir pembelajaran, setelah menyelesaikan satu
capaian pembelajaran, pendidik melakukan asesmen
D. Pendidik menyusun soal pilihan ganda setelah
peserta didik mempelajari semua materi pada akhir semester
Soal 7 dari 10:
Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dilaksanakan menggunakan prinsip mastery learning. Setiap peserta didik mempelajari tujuan pembelajaran yang sama dalam setiap pertemuan. Mereka juga mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi.
Yang perlu dilakukan jika ada peserta didik yang tidak
dapat mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…
A. menetapkan mitra dari kawan sefase untuk bantu
mendampingi.
B. memberikan perlakuan khusus agar dapat naik kelas.
C. menggunakan otorisasi menaikkan secara langsung ke
jenjang selanjutnya.
D. memberikan pendampingan untuk mencapai kriteria
yang ditetapkan.
Soal 8 dari 10:
Diantara jenis instrumen asesmen yang disiapkan oleh pendidik dapat berupa suatu pedoman yang dibuat untuk menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik. Melalui pedoman tersebut, pendidik dapat memusatkan perhatian pada kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik sekaligus mempertimbangkan bantuan yang dapat diberikan kepada peserta didik dalam meningkatkan Capaian kinerja dimaksud dituangkan dalam bentuk kriteria atau dimensi yang akan dinilai, yang dibuat secara bertingkat dari kurang sampai terbaik.
Deskripsi di atas menggambarkan instrumen asesmen
berupa….
A. Catatan anekdot
B. Grafik Perkembangan
C. Ceklis
D. Rubrik
Soal 9 dari 10:
Guru perlu mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran
peserta didik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah …
A. Mengidentifikasi diferensiasi pembelajaran
B. Menentukan interval nilai minimal
C. Merancang bentuk penilaian
D. Menetapkan indikator ketercapaian
Soal 10 dari 10:
Pak Rasyid adalah MTs Assa’adah. Setelah melakukan
pembelajaran tentang shalat berjamaah, ia meminta peserta didik berbagi peran,
ada yang menjadi imam ada yang menjadi makmum, untuk mempraktikkan shalat
berjaah di mushola madrasah. Sambil membawa instrumen penilaian, Pak Rasyid
mengamati praktik shalat berjamaah yang dilakukan peserta didik. Teknik
penilaian yang tepat untuk digunakan adalah …
A. Unjuk kerja
B. Tes lisan
C. Penugasan
D. Tes tulis
Demikian Update Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Materi 4.17Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar Kemenag
Terimakasih
atas silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat
bagi semua orang.
Posting Komentar untuk "Update Jawaban Materi - 4.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka - Pintar Kemenag"
Leave your comment