Update Jawaban Materi - 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) - IKM
Sahabat pelatihan Pintar Kemenag, Salam Semangat!
Berikut pembahasan soal Latihan Implementasi Kurikulum Merdeka materi Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)
Soal Latihan Materi - 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) - IKM - Pintar Kemenag
Petunjuk
Pengisian: Soal tersusun secara acak, jadi telitilah saat mengerjakan!
Soal 1 dari 10:
Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali ….
A. Memberi kesempatan pada guru untuk
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik
B. Memungkinkan kolaborasi guru pada
fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik
C. Memungkinkan guru merancang dan
melaksanakan pembelajaran secara flkesibel
D. Mendorong guru fokus pada
ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta
didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas
Soal 2 dari 10:
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Dalam CP terdapat dua unsur utama yaitu....
A. kompetensi dan tujuan
B. materi dan tujuan
C. kompetensi dan materi
D. alur dan kompetensi
Soal 3 dari 10:
Semua peserta didik berhak mendapatkan layanan pembelajaran termasuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Apabila di suatu sekolah/madrasah terdapat PDBK yang memiliki kendala berkaitan dengan hambatan kognitif, maka yang harus dilakukan adalah....
A. tetap disamakan dengan
peserta lain yang bukan PDBK
B. memberikan les tambahan
setelah pulang sekolah
C. adaptasi kurikulum
dengan menurunkan standar pada Capaian Pembelajaran
D. modifikasi kurikulum
dengan cara memodifikasi cara belajar
Soal 4 dari 10:
Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran dimaksud tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali ...
A. Guru senantiasa
memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk
terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
B. Guru menggunakan
otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan
yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain
C. Guru menggunakan
berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan untuk membantu peserta didik
mengembangkan kompetensi
D. Pada awal tahun ajaran,
guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian
sebelumnya
Soal
5 dari 10:
Dalam Capaian Pembelajaran Matematika terdapat kalimat ”Dengan demikian, relevansinya dengan profil pelajar Pancasila, Mata Pelajaran Matematika ditujukan untuk mengembangkan kemandirian, kemampuan bernalar kritis, dan kreativitas peserta didik”. Kalimat tersebut merupakan bagian dari komponen CP yaitu ...
A. rasional mata pelajaran
B.
tujuan mata pelajaran
C.
elemen setiap fase
D.
karakteristik mata pelajaran
Soal 6 dari 10:
Kurikulum Merdeka sendiri adalah pendekatan kurikulum yang dirancang untuk mengurangi beban belajar siswa, mengembangkan kreativitas dan kecerdasan beragam mereka, serta membangun karakter yang kuat. Salah satu aspek utama dari Kurikulum Merdeka adalah memberikan fleksibilitas kepada guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan karakteristik lokal. Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah …
A.
melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan
B.
mengajari murid berdasarkan pengalaman mengajar guru
C.
menyederhanakan materi pembelajaran agar mudah dipahami siswa
D. menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman
Soal 7 dari 10:
Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Terkait prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru terhadap peserta didik, kecuali ….
A. Guru senantiasa
memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk
terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
B. Guru memberikan tugas
atau pekerjaan rumah yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri
dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
C. Guru memastikan
setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk
mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
D. Guru mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu dikembangkan
Soal 8 dari 10:
Perhatikan tabel di bawah ini!
Dari tabel di atas, yang merupakan tujuan dari assesmen awal adalah …
A. 2 dan 3
B. 1 dan 4
C. 1 dan 2
D. 2 dan 4
Soal 9 dari 10:
Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali ….
A. Guru dapat mengukur
capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan
B. Guru harus memastikan
bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta
didik berdasarkan hasil asesmen awal
C. Guru perlu merancang
asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan
pada akhir pembelajaran
D. Sepanjang proses
pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh
mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik
Soal 10 dari 10:
Pada kurikulum merdeka, pembelajaran lebih terfokus pada kemampuan
peserta didik untuk mengeksplorasi sebuah materi. Tugas guru bukan lagi sebagai
pemberi materi, namun berubah menjadi fasilitator. Yang menjadi fokus utama
dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah …
A. fokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan
B. fokus pada kurikulum yang kaku dan terstruktur
C. fokus pada kebutuhan dan minat peserta didik sebagai pusat
pembelajaran
D. fokus pada evaluasi yang hanya berorientasi pada hasil akhir
Demikian Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Materi 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)
Terimakasih atas
silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat bagi
semua orang.
Posting Komentar untuk "Update Jawaban Materi - 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) - IKM"
Leave your comment