Update Jawaban Materi - 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah - IKM
Sahabat pelatihan Pintar Kemenag, Salam Semangat!
Berikut pembahasan soal Latihan Implementasi Kurikulum Merdeka materi Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah
Pelatihan Implementasi Kurikulum
Merdeka
Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari:
- Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah
- Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)
- Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
- Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA)
- Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)
- Teknik Coaching dan Mentoring
Soal
Latihan Materi 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah
Petunjuk Pengisian: Soal tersusun secara acak, jadi telitilah saat mengerjakan!
Soal 1 dari 10:
Perspektif ibadah dalam muatan kurikulum merdeka di madrasah adalah …
A.
Menekankan pentingnya fokus pada aspek akademis dalam Pendidikan
B.
Memisahkan pendidikan dari nilai-nilai agama dan ibadah
C. Mengintegrasikan nilai-nilai agama dan ibadah dalam semua aspek
pembelajaran
D.
Mengabaikan aspek spiritual dalam Pendidikan
Soal 2 dari 10:
Keterampilan untuk mengelola, mengolah, memilih dan menyingkapi dengan bijak sebuah informasi agar tidak terjebak pada informasi yang merugikan dirinya sendiri adalah …
A.
Communication
B.
Critical Thinking
C. Information Literacy
D.
Technology Literacy
Soal 3 dari 10:
Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah …
A.
Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif
B. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum
C.
Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi
D.
Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peserta didik
Soal 4 dari 10:
Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah …
A. Menyesuaikan dengan
kemampuan peserta didik
B. Mengikuti
perkembangan tantangan zaman
C. Mengikuti perubahan
politik yang terkait pendidikan
D. Menyederhanakan materi
pelajaran yang sangat padat
Soal 5 dari 10:
وَالَّذِيْنَ
اٰمَنُوْا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِاِيْمَانٍ اَلْحَقْنَا بِهِمْ
ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآ اَلَتْنٰهُمْ مِّنْ عَمَلِهِمْ مِّنْ شَيْءٍۚ كُلُّ امْرِئٍ
ۢ بِمَا كَسَبَ رَهِيْنٌ
Pernyataan yang sesuai dengan isi kandungan Surah Ath Thur ayat 21 yang terkait dengan kekhasan pendidikan madrasah adalah …
A. menghadapi
peserta didik yang memiliki akhlak tercela dengan bimbingan tanpa hati Nurani
B. semua
tindakan guru kepada peserta didik didasari rasa kasih sayang, terhadap peserta
didik yang berperilaku kurang baik tetap disikapi dengan pandangan kasih sayang
bukan kebencian
C. pembelajaran
di madrasah mengesampingkan hati nurani untuk siswa yang memiliki akhlak
tercela
D. memandang
peserta didik yang mempunyai kemampuan belajar tinggi dengan kasih saying
Soal 6 dari 10:
Seorang pendidik perlu mengenal bakat dan potensi setiap anak, hal ini dikarenakan
Pernyataan yang tepat akan
pentingnya mengenal bakat minat dan potensi siswa adalah …
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 2, dan 5
Soal 7 dari 10:
Dalam penerapan kurikulum
merdeka terdapat prinsip fleksibilitas, karena itu timbul istilah pembelajaran
berdiferensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi penting karena
…
A. menciptakan
pembelajaran yang kompetitif
B. hanya mengakomodasi
kebutuhan siswa yang memiliki kecerdasan tinggi
C. memenuhi kebutuhan
belajar yang beragam dari setiap siswa
D. semua siswa mendapat
perlakuan yang sama
Soal 8 dari 10:
Salah satu kekhasan pembelajaran di madrasah bahwa pembelajaran tersebut mengarusutamakan upaya memfungsikan hati nurani dengan membersihkan diri dari akhlak tercela (takhally) dan sekaligus menghiasi diri dengan akhlak terpuji (tahally) melalui proses mujahadah (kesungguhan) dan riyadhah (latihan). Hal ini sesuai dengan nilai kekhasan dan ruh Pendidikan madrasah, yaitu …
A. pandangan ainur
rahmah
B. perspektif ibadah
kepada Allah SWT
C. hubungan guru dan
peserta didik dengan mahabbah fillah
D. hati nurani sebagai
sasaran utama
Soal 9 dari 10:
Madrasah adalah sekolah
umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi
proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan.
Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah …
A. Nilai spiritual
keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di
madrasah
B. Semua aktivitas praktik
pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah SWT
C. Pendidikan agama dan
umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai
dengan target
D. Madrasah mengajarkan
pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah
Soal 10 dari 10:
Dalam membentuk kompetensi
keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan paradigma
pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip
pengelolaan pembelajaran perlu …
A. Memperhatikan
karakteristik peserta didik
B. Guru lebih aktif
mendampingi siswa dalam belajar
C. Pembelajaran diarahkan
untuk menggunakan pembelajaran berdiferensiasi
D. Guru bertindak sebagai
fasilitator dalam proses pembelajaran
Demikian Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Materi 4.5 Perubahan ParadigmaPendidikan Madrasah - Bagian 5
Terimakasih atas
silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat bagi
semua orang.
Posting Komentar untuk "Update Jawaban Materi - 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah - IKM"
Leave your comment