Update Jawaban Materi - 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah - IKM


Sahabat pelatihan Pintar Kemenag, Salam Semangat!

Berikut pembahasan soal Latihan Implementasi Kurikulum Merdeka materi Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah

Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari:

  1. Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah
  2. Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)
  3. Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
  4. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin (P5 PPRA)
  5. Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) 
  6. Teknik Coaching dan Mentoring 

Soal Latihan Materi 4.5  Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah

Petunjuk Pengisian: Soal tersusun secara acak, jadi telitilah saat mengerjakan!

 

Soal 1 dari 10:

Perspektif ibadah dalam muatan kurikulum merdeka di madrasah adalah …

A. Menekankan pentingnya fokus pada aspek akademis dalam Pendidikan

B. Memisahkan pendidikan dari nilai-nilai agama dan ibadah

C. Mengintegrasikan nilai-nilai agama dan ibadah dalam semua aspek pembelajaran

D. Mengabaikan aspek spiritual dalam Pendidikan

 

Soal 2 dari 10:

Keterampilan untuk mengelola, mengolah, memilih dan menyingkapi dengan bijak sebuah informasi agar tidak terjebak pada informasi yang merugikan dirinya sendiri adalah … 

A. Communication

B. Critical Thinking

C. Information Literacy

D. Technology Literacy

 

Soal 3 dari 10:

Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah …

A. Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif

B. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum

C. Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi

D. Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peserta didik

 

Soal 4 dari 10:

Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah … 

A. Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik

B. Mengikuti perkembangan tantangan zaman

C. Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan

D. Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat

 

Soal 5 dari 10:

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِاِيْمَانٍ اَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآ اَلَتْنٰهُمْ مِّنْ عَمَلِهِمْ مِّنْ شَيْءٍۚ كُلُّ امْرِئٍ ۢ بِمَا كَسَبَ رَهِيْنٌ

Pernyataan yang sesuai dengan isi kandungan Surah Ath Thur ayat 21 yang terkait dengan kekhasan pendidikan madrasah adalah … 

A. menghadapi peserta didik yang memiliki akhlak tercela dengan bimbingan tanpa hati Nurani

B. semua tindakan guru kepada peserta didik didasari rasa kasih sayang, terhadap peserta didik yang berperilaku kurang baik tetap disikapi dengan pandangan kasih sayang bukan kebencian

C. pembelajaran di madrasah mengesampingkan hati nurani untuk siswa yang memiliki akhlak tercela

D. memandang peserta didik yang mempunyai kemampuan belajar tinggi dengan kasih saying

 

Soal 6 dari 10:

Seorang pendidik perlu mengenal bakat dan potensi setiap anak, hal ini dikarenakan

Pernyataan yang tepat akan pentingnya mengenal bakat minat dan potensi siswa adalah …

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 3, dan 4

C. 3, 4, dan 5

D. 1, 2, dan 5

 

Soal 7 dari 10:

Dalam penerapan kurikulum merdeka terdapat prinsip fleksibilitas, karena itu timbul istilah pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi penting karena …

A. menciptakan pembelajaran yang kompetitif

B. hanya mengakomodasi kebutuhan siswa yang memiliki kecerdasan tinggi

C. memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari setiap siswa

D. semua siswa mendapat perlakuan yang sama

 

Soal 8 dari 10:

Salah satu kekhasan pembelajaran di madrasah bahwa pembelajaran tersebut mengarusutamakan upaya memfungsikan hati nurani dengan membersihkan diri dari akhlak tercela (takhally) dan sekaligus menghiasi diri dengan akhlak terpuji (tahally) melalui proses mujahadah (kesungguhan) dan riyadhah (latihan). Hal ini sesuai dengan nilai kekhasan dan ruh Pendidikan madrasah, yaitu …

A. pandangan ainur rahmah

B. perspektif ibadah kepada Allah SWT

C. hubungan guru dan peserta didik dengan mahabbah fillah

D. hati nurani sebagai sasaran utama

 

Soal 9 dari 10:

Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah …

A. Nilai spiritual keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah

B. Semua aktivitas praktik pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah SWT

C. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target

D. Madrasah mengajarkan pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah

 

Soal 10 dari 10:

Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu …

A. Memperhatikan karakteristik peserta didik

B. Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar

C. Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdiferensiasi

D. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran

 

Demikian Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Materi 4.5  Perubahan ParadigmaPendidikan Madrasah - Bagian 5

Terimakasih atas silaturahimnya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang serta bermanfaat bagi semua orang. 

Posting Komentar untuk "Update Jawaban Materi - 4.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah - IKM"

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia