Sudah Tahu Ketentuan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan 2024?

Nabhan Arts - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang agung penuh ampunan yang sebentar lagi akan datang menghampiri kita. Sudah seharusnya kita menyambutnya dengan riang gembira. Bulan Ramadhan 1445 H akan tiba dalam hitungan hari ke depan.


Beraktifitas di bulan Ramadhan membutuhkan usaha lebih dan pengaturan yang baik. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar di madrasah/sekolah. Untuk itu Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah merilis surat edaran perihal kegiatan pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan Tahun 2024 M/1445 H.

 

Adalah surat Ditjen Pendis bernomor 180.5/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2024 dan tertanggal 1 Maret 2024 dengan perihal Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan yang ditandatangani secara elektronik oleh Direktur KSKK Madrasah, Muchamad Sidik Sisdiyanto.

 

Bahwa dalam rangka efektivitas kegiatan pembelajaran di madrasah pada bulan Ramadhan 1445 H, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menyampaikan beberapa poin, salah satunya terkait dengan libur awal Ramadhan yang mana madrasah diliburkan pada tanggal 1 Ramadhan sembari menunggu keputusan resmi awal Puasa Ramadhan dari pemerintah. Sedangkan pada hari kedua Ramadhan, siswa sudah masuk pembelajaran kembali.

 

Dalam surat tersebut juga diatur terkait kegiatan selama bulan Ramadhan. Sebagaimana tertulis dalam poin kedua surat, Selama bulan Ramadhan, setiap madrasah dapat menyelenggarakan program bimbingan ibadah Ramadhan dan penguatan kompetensi beragama yang terkait dengan pelaksanaan puasa seperti Pesantren Kilat Ramadhan.

 

Yang berikutnya terkait dengan pengaturan jam belajar selama bulan Ramadhan. Dimana Direktorat KSKK Madrasah memberi kewenangan kepada Kepala Madrasah untuk mengatur jam belajar selama bulan Ramadhan dengan tetap memperhatikan dan menyesuaikan ketetapan dari pemerintah atau Pemda.


Untuk detail isi surat edaran Direktur KSKK Madrasah tersebut dapat dibaca pada gambar di bawah.

Silahkan download suratnya di Surat Edaran Ketentuan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan.




Posting Komentar untuk "Sudah Tahu Ketentuan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan 2024? "

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia